Ortu Tolak Do'i



Kalo orang rumah nolak doi

Wah…sedihnya…! Tiap doi ngapel ke rumah, kakak gue ngebanting pintu kamar, adik gue jalan di depan doi dengan tampang jutek, nyokap nggak ngebales teguran doi, en bokap ngasih liat tampang angker. Duh, kasian doi deh.
Problem sedih begini emang udah jadi masalah klasik. Punya doi yang disebelin orang rumah. Yang nyebelin bisa hanya satu orang aja, dua orang, atau bahkan serumah! Padahal kamu nggak pengen mutusin hubungan sama doi, en masih ada harapan untuk membujuk kebaikan orang rumah. Nah, selama proses perbaikan situasi itu masih berjalan, kamu perlu mengatur langkah biar situasi nggak tambah runyam. Soalnya, kunci terbesar emang ada di kamu. Kalo kamu salah langkah, bisa berabe!


Jangan suruh doi nelpon sering- sering.
Urusan telpon sangat sensitif buat orang yang lagi sebel-sebelan. Nah, bayangin kalo kakak kamu yang sebel berat sama doi, nerima telpon doi. Pasti disambut dingin atau malah dibanting. Nah dari pada bikin kakakmu emosi en doi jadi sakit hati, mendingan atur jam telpon. Kasih doi kesempatan telpon hanya pada waktu-waktu tertentu, en pastikan yang ngangkat adalah dirimu sendiri.

Batasi kunjungan
Nggak perlu minta doi untuk main tiap hari en berlama-lama di rumah. Soalnya ini hanya akan memancing rasa sebal. Lebih baik, cukup seminggu sekali aja dengan waktu secukupnya. Jaga agar kelakuan doi tetap stabil, misalnya nggak perlu ketawa ngakak, atau ngobrol dengan suara stereo.

Ajari doi untuk ngebaikin orang rumah.
Biarpun kesal ama orang rumah yang jutek, jangan pengaruhi doi untuk ikut-ikutan sebal sama orang rumah. Ajari doi untuk tetep sopan, hormat en baik sama orang rumah. Tapi sebelumnya kasih persiapan ama doi, bahwa respon orang rumah mungkin nggak akan bikin doi senang.

Jangan bosan menyabarkan hati doi
Kamu adalah kunci dari perbaikan situasi. Yang paling penting, jaga terus perasaan doi, en bolak- balik ngebujuk kesabaran doi. Jangan sampe emosi doi kepancing en kesabarannya habis. Hubungan bisa gawat. Bilang sama doi, kalo situasi nggak enak begini pasti ada akhirnya. En kesabaran jadi kunci utama buat nunggu situasi yang lebih oke.

Jangan mengobarkan kejelekan doi di rumah.
Udah tahu orang rumah pada sebel sama doi, kamu jangan sekali-kali memberitahu kekurangan doi di rumah. Yang ada kamu malah disyukurin atau bahkan diserang balik. Jaga wibawa dan nama baik doi di rumah. Kalo perlu kamu pake skenario dengan meninggi-ninggikan doi di rumah. Misalnya, ngelaporin prestasi doi, kebaikan hati doi, atau apa kek. Repot emang, tapi apa mau dikata kalo hati orang rumah telanjur nggak suka?
0 Responses

Posting Komentar

abcs